Manajer Dengan Torehan Gelar Liga Inggris Terbanyak

Source : Premier League

Premier League atau yang sering kita kenal sebagai Liga Inggris adalah kompetisi sepak bola yang mempertemukan klub-klub sepak bola tier paling atas di negara Inggris. Liga Inggris sejak dahulu dikenal sebagai liga yang sangat kompetitif, gap antar klub dapat dikatakan tidak terlalu jauh, bahkan tim promosi atau yang menghuni zona degradasi tak jarang dapat menaklukan tim-tim papan atas. Selain itu liga Inggris juga dikenal sebagai liga yang sangat keras dengan gaya permainan yang sangat cepat. Meskipun Liga Inggris dikenal sebagai liga dengan persaingan yang begitu ketat, namun ada juga manajer yang mampu membawa sebuah klub mendominasi kompetisi tersebut, lantas siapa sajakah manajer itu.

 

Gambar. Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson
Source : japan times

Alex Ferguson

Liga Inggris adalah tempat yang kejam bagi para manajer sepak bola. Bahkan manajer yang sudah banyak pengalaman seperti Thomas Tuchel, Unai Emery, Maurizzio Sarri Dan Antonio Conte tidak mampu bertahan lama di Premier League. Namun tidak demikian dengan Alex Ferguson yang mampu menorehkan prestasi luar biasa bersama dengan Manchester United, Sir Alex mampu meraih 13 trofi sejak menangani Manchester United dalam periode 1986-2013. Dengan torehannya tersebut akan menjadi kenangan tersediri bagi para penggemar setan merah julukan Manchester United, ditambah lagi dengan kondisi Manchester United yang saat ini tidak lagi segarang ketika masih berada dibawah kendali Alex Ferguson, MU layaknya harimau tua sakit-sakitan yang bahkan untuk mengejar posisi 4 besar saja begitu sulit meskipun dengan pelatih top dan para pemain hebat yang silih berganti datang ke Old Trafford.

 

Pep Guardiola

Pelatih kedua yang mampu memberikan gelar Premier League bagi sebuah klub adalah Pep Guardiola. Legenda Barcelona yang ikonik dengan gaya permainan tiki-taka ini mampu mempersembahkan 4 gelar Liga Inggris bagi Manchester City, bahkan sampai saat ini The Citizens masih menjadi salah satu penantang gelar yang paling kuat di Inggris dengan membuntuti Arsenal yang berada di puncak klasemen. Awalnya memang banyak yang meragukan kompetensi dari pelatih satu ini, banyak orang mengatakan bahwa pep tidak akan mampu bersaing di Premier League karena liga ini berbeda dengan tempatnya sebelumnya yaitu Bayern Munchen dan FC Barcelona. Namun ternyata Pep mampu membuktikan kehebatannya dan menjadikan The Citizens klub yang ditakuti oleh lawan-lawannya.


Jose Mourinho

Pelatih hebat yang dikenal sebagai The Special One yaitu Jose Mourinho juga pernah menorehkan kenangan manis di Premier League. Jose Mourinho mampu memberikan 3 gelar bagi Chelsea FC, Jose Mourinho juga mulai terkenal dengan sepak bola pragmatisnya sejak mengarugi Premier League bersama Chelsea, sejak dulu Premier League dikenal sebagai liga dengan tim-tim yang bermain agresif bahkan dikenal dengan filosofinya “Kick and Rush”. Namun Mourinho datang dengan hal berbeda yaitu strategi parkir bus dan memberikan 3 gelar liga bagi Chelsea dalam dua periode yang berbeda yaitu 2004-2007 dan 2013-2015.

 

Arsene Wenger

Selanjutnya ada pelatih legendaris lain yang tidak kalah hebat dalam Liga Inggris yaitu Arsene Wenger. Arsene Wenger adalah salah satu pelatih yang tidak akan pernah dilupakan oleh para penggemar Arsenal, selain pencapaiannya dengan menorehkan 3 gelar Liga Inggris selama periode 1996 hingga 2018, Arsene Wenger juga memberikan sebuah trofi spesial pada musim 2003/2004. The Invincibles begitulah orang-orang menyebut skuad Arsenal periode 2003/2004, julukan tersebut diberikan setelah Arsenal melewati satu musim penuh tanpa sekalipun mengalami kekalahan. selain karena perolehan trofi, Wenger juga merupakan pelatih yang merubah wajah sepak bola Inggris dengan berbagai inovasi yang dibawanya, mulai dari gaya bermain, manajerial, hingga perekrutan pemain.


Dikutip dari :

- bola.net

Komentar